Ayo, Menuliskan Aceh di Internet! – III

Ketika Tiga Tahun menjadi Blogger:

18 Juni 2009 – 18 Juni 2012

 

AYO, MENULISKAN ACEH DI INTERNET!  – III

Oleh: T.A. Sakti

 

Hari ini, Senin 28 Rajab 1433 H bertepatan tanggal 18 Juni 2012.

          Alhamdulillah, sudah genap tiga tahun saya berurusan dengan internet. Saya sendiri belum dapat memastikan, apakah kegiatan ini berguna atau tidak. Peminat blog saya setiap hari sudah melebihi 50 “pembaca”. Jumlah yang membuka/membaca selama tiga tahun hanyalah 62.326 pada jam 8.00 wib., pagi ini. Angka seperti itu tidaklah banyak, namun sebagai blog yang bermateri budaya hal demikian adalah lumrah. Kita memang tak boleh iri akan blog yang bermuatan politik kontemporer yang amat diminati pembaca.

       Tujuan utama blog ‘tambeh’ buat meningkatkan citra hikayat/sastra Aceh belum juga tercapai. Hikayat/tambeh serta cae Aceh yang termuat dalam situs ini tetap masih jarang disentuh orang. Hanya saja, ada satu kejutan istimewa pada tanggal 10 Februari 2012 lalu. Pada hari itu ada 67 cae Aceh dibuka/dibaca orang, sehingga jumlah pembuka di hari itu sebanyak 317 dan menjadi pembuka/baca terbanyak selama 3 tahun blog berjalan. Berselang dua hari kemudian, tanggal 13 Februari 2012, cae Aceh yang dibuka 18 judul, yang ternyata judul-judul syair yang belum dibuka/dibaca dua hari sebelumnya. Karena itu saya menduga, bahwa orang/kelompok yang sama yang membuka/baca syair-syair Aceh itu. Timbul pula pertanyaan, mau dibawa kemana syair Aceh yang banyak itu?. Sampai hari ini  belum terdeteksi sama sekali. Semoga Allah Swt memberikan yang terbaik saja, Aminn!.  Wallahu’aklam!.

          Hal baru yang sedang menjadi perhatian saya selama bulan-bulan terakhir adalah usulan memasang iklan di blog ‘tambeh’ ini. Hanya karena keawaman saya mengenai ‘internet’ saja yang membuat perkara ini berlarut-larut. Saya sedang menunggu orang-orang mulia yang sukarela mau membereskan kegalauan saya itu. Pada prinsipnya saya tidak berkeberatan jika blog ‘tambeh’ disisipkan iklan yang sewajarnya!.

 

Bale Tambeh, 18 Juni 2012

28 Buleuen Apam 1433

             T.A. Sakti

Iklan

6 pemikiran pada “Ayo, Menuliskan Aceh di Internet! – III

  1. Assllammuallaikm

    Pak saya 6oelh tanya
    ‘nama kulit penduduk aceh yg keturunan orang India itu namanya apa ya Pak

  2. Hitam,,,,.. titik apa gitu
    Apaya namanya
    haduhh sy lupa pak

  3. sudah tidak usah ada iklan dulu pak, lagian ini pake wordpress sudah cukup dengan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s