Nazam Le Ragam- Sambungan Hikayat Bahsa Jawoe, Karya Syekh Muhammad Ibnu Abbas, Krueng Kale (Cuplikan II)

Beuta ingat ajaran lon nyoe wahe adoe
Bek meunyeusai dum geutanyoe uroe dudoe
Lon peingat nyoe hana meuri hana meusoe
‘Ohka nyangnyo aneuk Iseulam beurangkasoe

Hana meuhat inong agam beurangkari
Roh aneuk gob roh aneuk droe roh isteuri
Got nanggroe gob got nanggroe droe nyangna bahgi
Sit jipateh nyang na jiikot Allah ngon Nabi

Bahkeu ‘ohnan jinoe siat nyang khaba nyoe
Nyangpo surat tango hai sahbat lon kheun jinoe
Sinyak Ti Hamamah di Krueng Kale nanggroe Abu
Di Lhee Mukim nanggroe Pineung gampong Ibu

Teungku Haji Idrih ayahndanya beutaturi
Droenyan nyan hepo cuco Teungku di Krueng Kale
Tinggai aneuk bak syeedara di Krueng Kale
Droe nyan ka syahid masa awai phon Prang Kaphe

Duek seukarang teutap jinoe Binasah Baro
‘Oh riwang di Pidie yoh masa plueng dilee talo
Alhamdulillah beuek roh jinoe dalam ta’at
Beule do’a dumna gata wahe sahbat

Nyang seumurat hanlon peugah wahe rakan
Kareuna ulon sangat hina dalam kawan
Akai lon jeuheut ‘Ileumei hana areuta lontan
Di dalam donya thatkeu hina nibak rakan

Lon duek lon dong hana teutab dawok bimbang
Sabab agama keumeung runtoh that leupah sayang
Deungon iradat Ilahonhaq nyang that ghani
Neu peurohlon bak peurusah buet Prang Sabi

Harap tawakkai lon keu Allah simata2
Neubri raseuki bak teumpat nyang hana kamoe sangka
Wa sallalahu ‘ala Muhammad tabri rahmat keu Saidina
Lompi neubri dumkeu sahbat keu ali Muhammad
BEUSAMPOREUNA

……………………………………….
…………………………………………..
…………………………………………….

Wayang tan le di Nabi, saleumle neubri dum insan
Seumbahyang lanjut neupubuet, khutubah neubeuet pendekkan
Ureueng mulia nyang banyak, Nabi meujinak jinakkan
Seunda dan wayang di Nabi, ngon nisa shabi meujan2

Tanna neu pubuet dan marit, malenkan nyang bit yue Tuhan
Sifeuet that damoh dum jroh2, tansoe ek teuoh dan simpan
Lahe dan baten dumpeue seb, di sreb di meugreb meunan tan
Wahe dum kawom nyang umat, proetan Muhammad dumpeue tan

Tan langet bumoe dan asoe, sabab tan siidroe janjongan
Wajeb geutanyoe ta t’akdhim, nabi nyang salim sitbek han
Sudahlah tamat Tuhan bri, Maulod di Nabi janjongan
Alhamdulillah lon pujoe, Tuhanku sidroe bri simpan

Pujoe lon awai dan akhe, baten dan lahe beurangjan
Amin ya Allah ya Rahman, Amin ya Mannan ya salam
Amin ya Rabbi ya qarib, Amin ya mujib ya sallam
Allah ya Rabbi ya ghani, rahmat beuta bri dan sallam

Ateueh panghulee dum umat, Nabi Muhammad nyang nur klam?
Panghulee donya akhirat, panghulee ‘Arab dan ‘ajam
Panghulee insan deungon jen, panghulee laen dum ‘alam
Ulon teumohon takabui, beureukat Rasul zulkiram

Ulon teumaksiet dan bangsat, neubri lon taubat beudeundam
Ulon teujahe dan ghafe, tabri ‘ileumei nyang tajam
Makrifat kureueng that singkat, neubri laot zat meunyelam
Ulonteu lam bahya dan mara, tabri sijahtra nyang dawam

Tataufiek bak buet dan narit, ta taufiek lom niet nyang hilam
Hingga peue nyang jroh tiep2 syoi, neubri jeuep uroe dan malam
Beureukat wali dum Nabi, Rasul dan niniku Adam
Beureukat Makah dan Ka’bah, beureukat mathaf dan makam

Beureukat rukon hijir Syam, ‘Irak dan Yaman multazam
Beureukat mizan dan hijir, beureukat neubri nyang hitam
Beureuakt pinto Ka’bah meueh, beureukat ateueh dan malam
Beureukat neubri nyang mirah, didalam Ka’bah tan macam

Harah Qur’an bungong dum, indah jroh han(ban) hu lamklam
Beureukat kubah geudong jeum, beureukat nyanlom Mon Zamzam
Beureukat do’a peuet Imum, beureukat Syiyah dum haram
Beureukat shafa dan mareuwah, beureukat babah Babussalam

Beureukat mina dan jameurah, muzzalifah dom Adam
Beureukat tanoh di ‘Arafah, mat’arullahil haram?
Beureukat nanggroe Madinah, ta’at neutamah lon deundam
Deesya lon awai dan akhe, baten dan lahe bri peujam

Untong lon neubri beusafi, syuruga tinggi dan makam
Neubri zat gata lon asyek, hingga lon tilek beukaram
Amin ya Allah ka sudah, rahmat neu limpah lam’alam
Silama kamoe nyo hamba, silama gata Po ‘alam

Amin ya Rabbal ‘alamin, kabul mukmin do’a tam
Po ngon surat lon seubut, mangat neu tupat meung uram
Adat jampang meujakhut, rijang geutupat ‘ohka pham
Nanggroe Gampong Krueng Kale, deukat deungon gle Blang Karam

Bak ulee jalan sikaphe, nyankeu Krueng Kale beuta pham
Binasah Baro ka meuhat, nyankeu teumpat dan makam
Bahkeu dumnan lon peugah, pureh jok patah tan kalam
Daweuet pon habeh ka sudah, hate lon sosah that deundam

Panyot pikalen dah habeh, hate lon peudeh tan macam
Malam kajula lon leuteh, ‘oh hampe mureh baro tam
Nyang seumurat he Polem, lagee kheu Nadham lon reukam
Katibuhu rajulun balid Muhammadu sa’idanul Krueng Kale albaladu
Ibnu ‘Abbas ‘alamu Abuhu.

Rabbighfirli waliwa lidaiya Rabbigh hamhuma kama Rabbayani shaghira
Ya Tuhanku tabri rahmat keu nangmbah, kalheueh payah neupadoli

Kalheueh payah neu peulahra lon, deesya neu ampon wahe ya Rabbi
Amin ya Rabbal ‘alamin, kabui mukmin akbal? do’aii

Washallallahu ‘ala khairi khalqihi, Muhammadin wa ‘ala alihi
Washahbihi ajma’in birahmatika ya Arhamar rahimin
Aminn tm

…………………………………….
……………………………………………..
………………………………………………………………….

Catatan Penutup dari Penyalin dan Alih Aksara
Alhamdulillah, hari ini Sabtu, 24 Ramadhan 1439 H bersamaan 9 Juni 2018 M pukul 11.33 wib., selesailah saya salin” Kitab Nazam Le Ragam” karangan Syekh Muhammad Ibnu Abbas. Beliau adalah salah seorang keturunan dari ulama pertama negeri Krueng Kale,yang disebut-sebut berasal dari Baghdad yaitu Syekh Musannif. Mengenai generasi keberapa dari ulama pertama asal Baghdad itu, sampai hari ini belumlah kita ketahui secara pasti. Menurut pemahaman saya, Syekh Muhammad Ibnu Abbas adalah hidup saat Kerajaan Aceh Darussalam belum diperangi bangsa Belanda. Sementara naskah nazam ini merupakan naskah salinan (bukan asli) milik Sinyak Ti Hamamah yakni cicit dari Teungku di Krueng Kale (apakah Syekh Musannif atau Syekh Muhammad Ibnu Abbas?). Saya lebih cenderung kepada Syekh Muhammad Ibnu Abbas, karena suatu sumber menyebutkan bahwa Makam Syekh Musannif yang berada di Krueng Kale sekarang telah berusia sekitar 700 tahun. Ayah Sinyak Ti Hamamah bernama Haji Idris adalah cucu dari Teungku di Krueng Kale. Saat nazam ini disalin, Haji Idris telah syahid masa awal penyerbuan tentera Belanda.
Semula naskah nazam karangan Syekh Muhammad Ibnu Abbas merupakan copi film milik dr. Nabil Berry yang difoto di Pustaka Nasional Jakarta. Sewaktu dr. Nabil ke Bale Tambeh(di depan rumah saya), kami belajar membaca naskah tersebut. Hasil bacaan itu, kemudian diposting/publikasi dr Nabil Berry pada 28 Juli 2017dengan judul “Bacaan Manuskrip Kuno Aceh Bersajak oleh T.A. Sakti”. Setelah dikirim lewat email, saya pun mulai mempelajari secara serius kitab lama Aceh itu. Naskah yang saya terima dari dr. Nabil tidaklah lengkap. Kitab ini tidak memiliki kata pengantar dari pengarang atau pun penutupnya. Isinya terdiri dari beberapa judul nazam, karena itulh saya memberi nama kitab Nazam ini dengan sebutan “Kitab Nazam Le Ragam”(Kitab nazam yang beragam isinya) Secara umum, sebagian besar isi naskah telah pernah saya baca/hafal atau dengar dalam berbagai kesempatan sejak saya masih kecil. Hanya saja, sejak dulu saya belum pernah tahu siapa penulis dari nazam-nazam yang beragam itu. Paling-paling para peminat atau para orangtua hanya menamakan semua nazam itu sebagai “karangan ulama jameun(karya ulama Aceh tempo dulu). Melalui naskah inilah buat pertamakali, saya mengetahui bahwa nazam-nazam itu karya Syekh Muhammad Ibnu Abbas asal Krueng Kale, Aceh Besar. Apalagi dengan adanya Hikayat Bahsa Jawoe sebagai karangan pembuka dalam naskah itu, maka penemuan ini merupakan kebahagian terbesar bagi saya, karena belum mengetahui sebelumnya bagaimana isi Hikayat Bahsa Jawoe. Memang saya telah membaca pembahasan mengenai Hikayat Bahasa Jawoe di berbagai sumber, tetapi pada kali inilah baru saya melihat sendiri “barang aslinya”, Alhamdulillah!. Mengenai tujuan penulisan Hikayat Bahsa Jawoe, kita dapat menjumpainya pada bagian awal naskah ini, yaitu untuk mempermudah para murid yang belajar kitab-kitab BAHASA MELAYU, karena hikayat itu telah memberi makna ( arti)  bahasa Melayu kedalam bahasa Aceh.”Sebaiknya, kitab ini dihafal”, kata sang penulis.
Mengenai pendapat Drs. Nurdin AR M. Hum bahwa beliau di berbagai kesempatan selalu menyatakan Hikayat Bahsa Jawoe adalah karya Syekh Abbas Kuta Karang, memang juga saya pertimbangkan, karena kita sedang mencari kebenaran sejarah secara pasti. Saat sedang menulis “haba peunutop”Ini, memang sengaja saya menelepon beliau guna memperbincangkannya. Insya Allah, suatu saat nanti akan saya bawa naskah Pustaka Nasional Jakarta ini kehadapan Bapak Nurdin AR, sehingga semua akan terang-benderang.
Secara umum keadaan naskah 25 halaman bagian awal yang difoto cukup baik. Akan tetapi 7 halaman terakhir kurang terang. Buat menyalinnya saya pernah memakai dua alat pembantu penglihatan, yaitu kaca mata dan memegang kaca pembesar di tangan. Karena mengganggu konsentrasi,maka saya gunakan kaca pembesar saja. Alat yang membantu mata buat melihat ini merupakan hadiah Prof.Dr. Rusydi Ali Muhammad ketika beliau sebagai Rektor IAIN Ar-Raniry. Kehadiran beliau ke rumah saya pada awal bulan Puasa ini, mengingatkan saya kembali kepada hadiah beliau itu, dan ternyata sangat membantu dalam menuntaskan kerja alih aksara saya.Sebagian besar isi Nazam Le Ragam ini tertulis dalam bahasa Aceh ( 98 %). Sisa yang amat sedikit tertulis dalam bahasa Melayu dan Arab, yaitu yang terkait soal sembahyang yang tidak akan diterima Tuhan dan do’a-do’a. Agar memudahkan bagi pembaca, saya juga menulis judul dan sub judul buat hasil alih aksara, seperti Hikayat Bahsa Jawoe, ‘Iktiqeuet Limong Ploh, Miekreuj Nabi, Makmum Teumanyong Bak Imum dan lain-lain. Dapat ditambahkan, bahwa Kisah Wasiet Nabi Keu Siti Fatimah tidaklah lengkap naskahnya, sehingga kita pun hilang kesempatan mengenal siapa penulisnya. Namun, karena diawal kisah ini tidak sedikit pun kita jumpai pengantarnya, maka saya pun tetap berpendapat bahwa bagian ini juga ditulis oleh pengarang yang sama, yaitu Syekh Muhammad Ibnu Abbas Krueng Kale.
Syukur Alhamdulillah, kerja alih aksara “Kitab Nazam Le Ragam” dapat selesai pada hari ini, Sabtu, 24 Ramadhan 1439 H. Besok, Ahad, 25 Ramadhan 1439 H adalah Hari Ulang Tahun ke 34 hari naas kecelakaan jalan raya yang saya alami di Yogyakarta. Hasil alih aksara ini merupakan “kado” kenangan buat peristiwa hebat itu. Di hari itu, Sabtu, 25 Ramadhan 1405 atau 15 Juni 1985 M , saya dan rombongan KKN Mahasiswa UGM sedang konvoi pulang menuju Kampus UGM, Yogyakarta. Saya, T. Abdullah Sulaiman, Bang Harsono, Kostawa, Joko Supriyanto dan seorang teman lagi ditempatkan di desa Guli, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Ketika saya dan rombongan baru melewati Candi Prambanan, wilayah Kalasan, Kabupaten Klaten sekitar pukul 13.00 wib, tertabraklah saya oleh mobil yang mengangkut barang/Tivi. Akibatnya, saya bertahun-tahun harus berobat. Alhamdulillah, dengan kurnia Allah Swt saya masih hidup dengan bahagia bersama keluarga; sambil berkarya semampu anugerah yang diberikan Tuhan. Salah satu rahmat Allah pada hari ini adalah selesainya alih aksara Kitab Nazam karya seorang Ulama Krueng Kale, dan insya Allah besok luho pada Hari HUT ke 34 musibah dipokle muto (sesuai janji lewat sms- saat ini beliau sedang di Jakarta) sebuah salinan Kitab Nazam karya Ulama Krueng Kale akan saya hadiahkan kepada Tgk. Musannif-salah seorang keturunan Ulama Krueng Kale; bertempat di rumah beliau di Gampong Dayah Baro, Krueng Kale, Aceh Besar. Semoga dimasa-masa akan datang rahmat Tuhan semakin melimpah dicucurkan kepada kami sekeluarga oleh Yang Maha Kuasa; Allah Subhanahu Wata’ala, Aminn!.
*Catatan: Salinan huruf Jawi belum selesai karena berbagai hambatan!.

Bale Tambeh, 24 Puwasa 1439 H
24 Ramadhan 1439 H
atau 9 Juni 2018 M.
Pkl. 16.21 wib.

Penyalin Naskah Nazam,
T.A. Sakti

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: