Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H: Kisah Isra’ Mi’raj dalam Manuskrip Aceh

Kisah Iisra’ Mi’raj dalam Manuskrip Aceh
Dalam tradisi Aceh, hikayat terbagi dalam tiga nama, yaitu hikayat, tambeh dan nadham( selanjutnya: nazam). Dalam hal ini ada perbedaan pendapat, yakni sebagian ahli menyebutkan tambeh dan nazam bukanlah hikayat, melainkan kitab tentang agama Islam dalam bentuk syair Aceh. Namun, penulis sendiri banyak mendapati, bahwa dalam sebagian naskah tambeh dan nazam itu; memang tersurat penyebutan dirinya sebagai hikayat, yang biasa dijumpai di bagian penutupnya, dan bahkan kadang-kadang di pembukaannya. Salah satu contoh yang paling nyata adalah Hikayat Akhbarul karim – karya Teungku Seumatang – yang langsung pada judulnya tertera nama Hikayat Akhbarul Karim. Padahal isinya melulu masalah agama Islam.


Dalam Hikayat terkandung beberapa hal, di antaranya perihal sejarah, adat-istiadat, tuntunan hidup, petuah-petuah dan lain-lain. Sementara dalam tambeh dan nazam yang boleh dinamakan “Hikayat Agama” isinya terdiri dari masalah hukum, tauhid, akhlak, sejarah, tasawuf dan filsafat; yang semuanya terkait dengan agama Islam.
Hikayat, tambeh serta nazam semuanya tertulis dalam bahasa Aceh dengan menggunakan huruf Arab Melayu (Bahasa Aceh : Harah Jawoe, Jawa: Arab pegon atau Arab gundul). Jumlah hasil karya hikayat bila dibandingkan dengan naskah-naskah tambeh dan nazam memang jauh berbeda.
Diantara ketiga jenis sastra Aceh itu, ternyata hikayat yang sempat beredar sampai beratus-ratus judul naskahnya. Di pihak lain, tambeh dan nazam memiliki judul naskah yang amat sedikit dibandingkan hikayat. kibat peredaran waktu dan perkembangan zaman, jumlah judul hikayat yang tersisa sekarang memang tidak banyak lagi. Apalagi dengan naskah tambeh dan nazam. Bagi pengarang naskahtambeh atau nazam perlu keahlian khusus dalam seluk-beluk agama Islam. Jadi tidak sekedar memiliki bakat “penyair” dan melek huruf Arab Melayu; seperti syarat yang harus dipunyai pengarang hikayat. Barangkali, itulah salah satu alasan sehingga tambeh dan nazam lebih sedikit ditulis orang.
Sejauh yang penulis ketahui hingga hari ini nyaris belum ada peneliti Indonesia –termasuk orang Aceh – yang melakukan kajian mendalam mengenai naskah “hikayat agama Islam”, yakni tambeh dan nazam. A. Hasjmy dalam bukunya “Kebudayaan Aceh dalam Sejarah” lebih memberi perhatian kepada hikayat. Sementara ulasan mengenai Sastra Aceh yang bermateri agama hanya dibahas secara ringkas saja. UU. Hamidy di dalam kedua tulisannya malah sama sekali tidak menyebut bahasan tentang tambeh dan nazam ini.
Hanya C. Snouck Hurgronje satu-satunya peneliti yang secara mendalam pernah membahas masalah nazam Aceh untuk kepentingan Pemerintah Hindia Belanda dalam upaya menaklukan Aceh. Snouck Hurgronje telah membahas 98 buah manuskrip Aceh, yang 16 di antaranya merupakan nazam Aceh Nazam-nazam yang dikaji adalah sebagai berikut:
1. Tujoh Kisah
2. Tambihoy Insan
3. Tambeh Tujoh Blaih
4. Tambihoy Ghafilin
5. Minhajoy ‘Abidin
6. Hikayat Makrifat
7. Hikayat Habib Hadat
8. Hikayat Meunajat
9. Sipheuet Dua Ploh
10. Nalam Sipheuet Dua Ploh
11. Nalam Sipheuet Dua Ploh(oleh penulis lain)
12. Bakeumeunan
13. Abda u atau nalam Syeh Marduki
14. Akeubaro Karim
15. Nalam Jawoe
16. Hikayat Basa Jawoe

Nazam Mekreuj Nabi yang ditampilkan dalam tulisan  ini berupa syair dalam bahasa Aceh. Semula merupakan syair lisan yang disenandungkan
para murid pengajian pada malam/hari Peringatan Isra’ Mi’raj setiap tahun pada tanggal 27 bulan Rajab Kalender Hijriah. Lama kelamaan, syair ini ditulis orang ke dalam bentuk naskah berhuruf Arab Melayu alias huruf Jawi/Jawoe. Oleh karena syair Mekreuj Nabi tidak panjang, maka ia tidak ditulis dalam naskah khusus, melainkan dilampirkan pada naskah-naskah lain yang kitabnya tebal. Begitulah terhadap nazam Mekreuj Nabi ini, ia digabungkan dalam naskah Hikayat Akhbarul Karim. Berikut adalah kutipan nazam Mekreuj Nabi, yang telah dialihkan ke huruf Latin dan penulis terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

MEKREUJ NABI MI’RAJ NABI

B i s m i l l a h i r r a h m a n i r r a h i m

Goh Hijrah Isra’ Nabi neujak malam Sebelum Hijrah Isra’ Nabi pergi waktu malam
Ngon Jebra-i mula di Masjidil Haram Dengan Jibril dari Masjidil Haram (di Makkah)
Neupasang ngon Buraq pantah nibak kilat Mengenderai Buraq lebih cepat dari kilat
Sampoe keu Baitul Muqaddeh Israk meuhat Sampai ke Baitul Muqaddis Israk itu

Nabi tamong lam Masjidil Aqsha Nabi masuk dalam Masjidil Aqsha
Seumbahyangle sajan Nabi dum Ambiya Sembahyang bersama Nabi semua Ambia
Lheueh seumbahyang Nabi kheun groh yohmasa nyan Setelah Shalat Nabi berkata haus waktu itu
Lam Syureuga Jebra-i jak cok minoman Dalam Surga Jibrail mengambil minuman

Peuet boh mangkong Jebra-i peutron lam Syureuga Empat mangkuk Jibril bawa dari Surga
Ie nyang hirom rasa lazat hate suka Air yang harum rasanya lezat hati sukai
Saboh mangkong ayer arak saboh tuak Satu mangkuk air arak satu tuak
Saboh mangkong air madu minom galak Satu mangkuk air madu minum suka

Saboh mangkong ayer laban hana ubah Satu mangkuk air susu segar tak berubah
Lheueh nyan Nabi minom rijang pujoe Allah Terus Nabi munum lalu segera puji Allah
Sinan keu phon Mekreuj dua sajan Mulailah Mi’raj Nabi bersama teman
Ngon Jebra-i langet tujoh sampoe jalan Dengan Jibril sampai ke langit tujuh

Nabi geutanyoe neu Mekreuj Mabi kita melakukan Mi’raj (naik ke langit)
Deungo lon seubut he taulan Dengar kusebut wahai saudara
Masjidil Haram beudoh eh Dari Masjidil Haram bangun tidur
Baitul Muqaddeh troh jalan Sampai ke Baitul Maqdis berjalan

Lheueh seumbahyang neu Mekreuj Selesai sembahyang beliau bermi’raj
Rinyeun lon seubut deungo ban Tangga kusebut dengarlah kawan
Pha rinyeun jeuneh nibak meueh Tiang tangga terbuat dari emas
Aneuk di ateueh dua ban Anak tangga ada dua macam

Sianeuk pirak meubhak-bhak Satu macam dari perak berkilauan
Teuma meueh meukrak ateueh nyan lalu dibaluti emas di atasnya
Pha nyang dua meu-uke Tiang tangga kedua berukiran
Cahya meuble-ble jroh hanban Cahayanya berkilau indah sekali
Akik ngon yakut dan pudoe Akik dan yakut serta pudi (jenis permata)
Zamrut sinaroe ngon intan Zamrut semua bersama intan
Meubloi-bloi rinyeun dan cekbrek Tangga bersinar-sinar dan berukiran
Rotnan keuh neu ek janjongan Lewat situlah Nabi junjungan berangkat

H ingga tro nabi langet phon Hingga sampai ke langit pertama
Adam meuteumeungle sinan Bertemu di sana dengan Adam
Langet nyang dua nyan ‘Isa Langit kedua dengan Isa
Ngon Nabi Yahya dua nyan Berdua dengan Nabi Yahya

Lapeh nyang phon meuteumeung ngon Nabi Adam Lapis pertama berjumpa dengan Nabi Adam
Lapeh dua meuteumei Isa aneuk Mariam Lapis kedua bertemu Isa anak Maryam
Lapeh nyang lhee meuteumeung Yusuf nyang samlakoe Lapis ketiga bertemu Yusuf yang rupawan
Lapeh nyang peuet ngon Idris hudep jinoe Lapis keempat dengan Idris masih hidup sekarang

Lapeh limong Nabi Harun meuteumei sinan Lapis kelima Nabi Harun jumpa disana
Lapeh nyang nam Nabi Musa aneuk Imran Lapis keenam Nabi Musa anak Imran
Lapeh tujoh meuteumeung Nabi Ibrahim Lapis ketujuh bertemu Nabi Ibrahim
Nyang po maqam nyang that aman lagi karim Yang punya maqam lebih aman karim

lapeh nyang tujoh Ibrahim Dengan Ibrahim langit tujuh
Nabi nyang salim bak niran Nabi yang selamat dari api
Hingga Nabi neulanda Hingga Nabi melalui
Sidratul Muntaha neujalan Ke Sidratul Muntaha berjalan

Hingga leupah uyub kayee Sidratul Muntaha Hingga sampai dibawah pohon Sidratul Muntaha
Troh yub ‘Arasy hijab leupah beutakira Sesampai dibawah Arasy tirai pun terbuka
Sampoe maqam Mufatih Saiyidil Anam Tiba di maqam Mufatih Saiyidil Anam
Deungo kalam Rabbol ‘Izzat meupeureuman Dengar kalam Rabbul ‘Izzati berfirman

Hana kaifayat had ngon hingga peureuman Tuhan Tidak berbentuk dan berhingga firman Tuhan
Hana haraf ngon suara ban hiyawan Tiada huruf atau suara seperti hewan
Hana jihat hansoe tukri hana teumpat Tidak berbatas dan tak tahu dimana tempat
Hana troh pham manusia bak Hadlarat Tak sanggup manusia memahami akan Hadlarat

Yohnyan neu deungo Muhammad Ketika itu Muhammad mendengar
Kalam meusurat Loh Kalam Catatan kalam di Lauhul Mahfudh
Hingga neulalo lom sampoe Kemudian Nabi terus pergi berlalu
Troh Qaba qausai ‘Adeunan Sampai ke Qabal qausal Adnan

Yohnyan teurjali Nur Rabbi Waktu itu terbayang Nur Rabbi
Keupada Nabi janjongan Kepada Nabi junjungan mulia
Neukalon Tuhan deuh nyata Melihat Tuhan nampak nyata
Ngon dua mata rupa tan Dengan dua mata tanpa wujud rupa

Teuma bak nabi Neu teuntee Kemudian pada Nabi ditentukan
Limong ploh watee sembahyang Lima Puluh waktu sembahyang
Ateueh droe ngon dumna umat Atas diri dengan semua umatnya
Troh ‘an kiamat ubah han Sampai kiamat takkan berubah

Yohnyan Muhammad neu gisa Lalu Muhammad kembali
‘Oh troh bak Musa neu kheun ban Sampai pada Musa menjelaskan
He ya Muhammad tariwang Ya Muhammad kembalilah
Tuntut kureueng bek dumnan Mintalah kurang jangan segitu

Nabi neuriwang neu tuntut Nabi kembali untuk menuntut
Hingga limong jeut bilangan Hingga lima waktu bilangannya
Neu peureulee 50 watee dum sembahyang Diwajibkan lima puluh waktu sembahyang
Ateuh Nabi neuteurimong dum sibarang Atas Nabi diterima tanpa sanggahan

Dudoe Nabi neujak ulang lakee kureueng Kemudian Nabi kembali lagi minta kurang
Limong-limong siseun ulang Neu peukureueng Sekali-kali kembali lima-lima dikurangi
Neu peukureueng jeueb-jeueb siseun lakee kureueng Dikurangi tiap-tiap kembali minta kurang
Hingga kureueng 45 tinggai limong Hingga dikurangi 45 tinggal lima

Sikureueng seun ula-ili Nabi lakee kureueng Sembilan kali pulang pergi minta kurang
Nyan keuh jinoe sembahyang tanyoe tinggai limong Itulah sekarang sembahyang kita tinggal lima
Pahla sabe limong watee dum limong ploh Pahalanya sama seperti lima puluh waktu
Bek ta tinggai dumna gata peubuet sunggoh Jangan tinggalkan kerjakanlah dgn sungguh

Nabi peutron nibak Tuhan woe u teumpat Nabi turunkan dari Tuhan kembali ke tempat
Nanggroe Mekkah nyang muliah troh le siat Negeri Mekkah yang mulia dalam sekejab
Mantong seu-uem teumpat neu’eh hana hilang Masih panas tempat tidur belum hilang
Meunan keuhtreb masa neujak neuwoe rijang Begitulah cepatnya pergi-pulang dalam sekejab

Nabi peugah Israk Mekraj dum bak umat Nabi sampaikan Isra’ Mi’raj pada semua umat
Deungon sembahyang limong wate neu amanat Dengan sembahyang lima waktu diamanahkan
Wahe dum umat yang maujud Wahai semua umat yang ada
Nabi neu Mekreuj ta Iman Nabi bermi’raj harus dipercaya

Abubakar pih troh keunan u hadapan Abubakar pun sampai kesitu
Trang that hate bak agama neumeu Iman Yakin sekali hati pada agama mengimani
Han jipateh kafe Qureh jipeu wayang Tak dipercaya kafir Quraisy mempermainkan
Jikheun pajan neujak pajan troh neu riwang Dikatakan kapan pergi kapan kembali

Neukheun ka troh neujak u hadapan Disebut sudah disaksikan dengan nyata
Deuh ka neungieng luwa dalam bandum habeh Nampak terlihat luar dalam semuanya
Bandum ureueng hancit ditem bawa Iman Semua orang tidak mau juga beriman
Bandum jikheun haba tipee nibak Syeetan Mereka bilang itu tipu daya setan

Kreueh that kafe yohmasa nyan nanggroe Makkah Keras kepala kafir masa itu di negeri Mekkah
Jipeu wayang jipeu seunda Rasulullah Dipermainkan dan diejeknya Rasulullah
Barang kasoe nyang han pateh Rasul Tuhan Barang siapa yang tidak percaya Rasulullah
Lam Nuraka keukai sinan barang kajan Dalam Neraka kekal di sana selamanya

Abubakar phon peubeuna Abubakar orang pertama yang percaya
Nyang ungki teuma Leuhab nan Abu Lahab yang memungkirinya

Shallallahu ‘ala Muhammad
Liyaumil Akhir wal An
(sampai hari kiamat dan sekarang)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: