Musabaqah Ke I Dalail Khairat se-Kab. Pidie dibuka Gubernur

       Musabaqah Ke I Dalail Khairat se-Kab. Pidie dibuka Gubernur

Sigli, 22 Juli (Waspada)
Musabaqah Dalail Khairat yang ke 1 tingkat Kabupaten Pidie yang diikuti oleh 23 Kecamatan, dibuka oleh Gebernur Aceh baru-baru ini di Pendopo Kabupaten Pidie. Selain itu sekaligus pula dibuka Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Shalat Berjamaah yang diikuti oleh sejumlah Remaja Putra dan Putri se Kabupaten Pidie. Bupati Drs. Nurdin Abdulrahman dalam amanatnya pada acara pembukaan Musabaqah 1 Dalail di Kabupaten Pidie mengatakan bahwa tujuan dari musabaqah  Dalail, yang dimulai sejak dari desa, Kecamatan dan sekarang di tingkat kabupaten,bukanlah semata-mata untuk mencari juara, tetapi untuk menghidupkan kembali salah satu kegiatan ibadat yang dulunya pernah melembaga di setiap pelosok desa sebagai tanda cinta terhadap agama Islam dan senantiasa menyampaikan puji dan syukur kehadirat Illahi Rabi.
Budaya Agama yang tradisional Pidie ini,nyaris saja lenyap dan sudah langka adanya di desa-desa, bahkan karenanya tempat-tempat pengajian pun terasa semakin sepi. Selain itu kata Bupati, semakin banyak kegiatan syiar agama seperti ini, semakin mungkin menggeledah dan menggerebek diri sendiri, untuk mengenal diri sendiri, Sebab hanya manusia yang mengenal dirinya sendiri akan mengenal pula Tuhannya untuk menghayati diri sendiri kita perlu merenungi tiga hal. “pertama, dari mana saya datang sebelum hidup di dunia kedua,hendak kemana saya setelah hidup saya di dunia fana ini berakhir, dan ketiga dan apa yang setelah hidup saya di dunia fana ini berakhir, dan ketiga dan  apa yang telah saya lakukan untuk mengisi umur saya selama ini.”

PERTAMA DI INDONESIA
Menurut setahu Bupati Musabaqah Dalail serupa belum pernah diadakan sebelumnya, bahkan mungkin ini yang pertama di Indonesia. Gubernur Aceh yang diwakili T. Zainal Abidin, mengatakan pihaknya sedang menjajaki kemungkinan meningkatkan Musabaqah Dalail itu ke tingkat Propinsi Daerah Istimewa Aceh. Setiap grup Dalail yang ikut Musabaqah ditetapkan 12 orang, dibolehkan membawa buku bacaan dalail, Musabaqah Dalail Khairat Kabupaten Pidie yang pertama ini akan berlangsung sampai dengan Minggu 19 juli 1981. Juara-juara akan diberikan piala bergilir Kabupaten dan juga uang kontan dari Bupati Kepala Daerah Tk II Kabupaten Pidie. (BAS)

 

(Waspada, Kamis, 23 Juli 1981)

 

*Diposting seumpeuna wisuda saya kemarin dan yudisium Senin, 14 Maret 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s