Hari Ini, Jum’at HARI ‘ASYURA

Jumat, Hari Asyura

JAKARTA- Hari Asyura dan 10 Muharram 1429 hijriah berdasarkan keputusan ketua Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi Syaikh Saleh Al-Lahidin jatuh pada Jumat (18/1),
pengumuman ini disebarkan melalui media yang terbit di Arab Saudi.
10 Muharram hari yang ditunggu oleh umat Islam karena berdasarkan hadist nabi, hari itu berhubungan dengan puasa sunnah, bahkan senantiasa dilakukan oleh Rasulullah SAW.
Bahkan Mahkamah Agung Arab Saudi mengedarkan anjuran puasa pada hari Asyura sebagaimana dilakukan Rasulullah karena banyak peritiwa penting keagamaan saat itu
Saat Rasulullah hidup menganjurkan untuk puasa tanggal 9 dan 10 Muharram, karena puasa ini tidak hanya dilakukan oleh umat Islam saat itu, melainkan bagi kafirun juga berpuasa pada hari Asyura dengan alasan hari itu hari baik, hal ini terjadi saat Rasulullah dan sahabat berada di Madinah.
Perhitungan kalender Arab Saudi hari puasa Asyura jatuh hari Kamis dan Jumat atau 17-18 Januari 2008 mendatang, sedangkan kalender Indonesia jatuh hari Jumat dan Sabtu atau 18-19 Januari 2008.
Keistemawaan hari Asyura adalah waktu itu Allah SWT menjadikan Arasy, Allah SWT menjadikan Lauh Mahfuzh, Allah SWT menjadikan Qalam, Allah SWT menciptakan alam.
Juga hari pertama Allah SWT menurunkan rahmat, hari pertama Allah SWT menurunkan hujan dari langit dan Allah SWT menjadikan Malaikat Jibril.
Berhubungan dengan Nabi, hari itu Nabi Adam as bertaubat kepada Allah SWT dan taubatnya diterima sehingga dia bersih dari segala dosa dan kesalahan.
Nabi Idris as diangkat oleh Allah SWT ke langit, Nabi Nuh as berlabuh bahteranya setelah mengarungi banjir yang melanda bumi selama 6 bulan. Juga Nabi Ibrahim as diselamatkan dari api Raja Namrud. Nabi Yusuf as dibebaskan dari penjara setelah meringkuk beberapa tahun akibat fitnah Zulaikha.
Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada dalam perutnya selama 40 hari, nabi Daud diampuni oleh Allah SWT. Nabi Isa as dinaikkan kelangit sewaktu dikejar kaum Yahudi yang ingin membunuhnya.
Asyura juga berhubungandengan Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa dan kaumnya,dengan membelahkan Laut Merah agar bebas dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya Allah SWTmenurunkan Kitab Taurat kepada nabi Musa as, Nabi Sulaiman as dikaruniakan dengan sebuah kerajaan yang besar. (persda network/mur)

( Sumber: Serambi Indonesia, Rabu, 16 Januari 2008, hlm. 10)

Catatan terbaru: Menjelang berkumandang bang meughreb/azan maghrib, saya mendengar ketukan di pintu. Saya yang sedang menulis artikel “Lomba baca hikayat Aceh masuk kampus!”, segera beranjak untuk membukanya. “Nyoe bubur nek yue jok!(bubur ini disuruh antar nenek), kata  Ikram menyampaikan amanah neneknya. Begitulah, sudah bertahun-tahun berlangsung, setiap 10 Maharram atau 10  bulan Sa-Husen, keluarga kami selalu dapat antaran “bubur ‘Asyura”  dari Hj.Teungku Nyak Rafu’ah yang dipanggil nenek oleh Ikram tadi. Rumah nenek Ikram lk 1 km jauhnya dari rumah saya.

Bale Tambeh, Jum’at, 10 Sa-Husen 1437/ 10 Muharram 1437 H/23 Oktober 2015 M, poh 19.28 wib., T.A. Sakti

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s