Wanita dan Tahta

Serambi Pembaca:

WANITA DAN TAHTA

Majalah “Al Muslimun” no. 226 edisi Januari 1989, membuat suatu ‘komentar’ yang masih perlu diperbincangkan kebenarannya. Tulisan itu berjudul :”Kemenangan Benazir adalah Kelemahan Kaum Muslimin” di halaman 8 (Fotokopi terlampir), menampilkan dua perkara yang saya anggap kurang jelas, yaitu:

1.       Perdana Menteri Pakistan Benazir Butto adalah wanita pertama yang berhasil menduduki tampuk pimpinan tertinggi di sebuah Negara Islam.

2.       Bahwa seorang wanita  tidak sah menjadi pimpinan tertinggi dalam suatu masyarakat Muslim.

 

Artikel itu menampakkan kesan, bahwa sang penulisnya belum mengenal rentangan perjalanan sejarah Aceh yang pada abad ke XVII   ( tujuh belas) puncak pimpinan kerajaan telah dipimpin 4 (empat) orang wanita. Keempat tokoh wanita yang memerintah Kerajaan Aceh secara berturut-turut ( yang memakan waktu 59 tahun) adalah Putroe Shapiah (Ratu Safiatuddin –  1641 – 1675 M), Ratu Naqiatuddin (Putroe Naqiyah  – 1675 – 1678 ), Ratu Zakiatuddin (Putroe Zakiyah – 1678 – 1688 M), dan Ratu Kamalat Syah (Putroe Keumala – 1688 – 1699 M).

Tentang keabsahan  para Ratu menjadi Sulthanah (Raja Wanita) di  Kerajaan Aceh itu, tentu sudah disepakati para ulama Aceh; diantaranya Teungku Syekh Nuruddin Ar-Raniry dan Teungku Syekh Abdurrauf – Syiah Kuala (Baca: Muhammad Said,  “Aceh Sepanjang Abad”). Bahkan, kalau saya tak salah ingat; sebuah  sumber lainnya menyebutkan, Ratu Nahrisyah  termasuk tokoh pertama di Aceh yang menjadi Raja di Kerajaan Pasai pada abad ke 13 (tiga belas).

Untuk menghindari kekeliruan seperti dalam majalah Al Muslimun  tersebut di atas, saya menghimbau Pemerintah Pusat, Pemda Aceh, pakar sejarah serta para penulis umumnya, agar sudi “mempekenalkan” Pemerintahan Ratu-Ratu Aceh kepada masyarakat, baik dalam dan luar negeri secara lebih meluas dan jelas.  ( Catatan: Setelah dimuat dalam “Serambi”  KP ini berubah judulnya menjadi “Memperkenalkan Ratu-ratu Aceh”. Dimuat Serambi, Senin,  24 April 1989 halaman 4 ).

                                                                                                               T.A. Sakti

                                                                                                              Banda Aceh

                                                                                                                 15 – 4 – ‘89

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s