Keluhan Kutu2 Buku

KELUHAN KUTU-KUTU BUKU

DI FHPM UNSYIAH

Assalamualaikum w.w.

MOHON PERHATIAN dari seorang bawahan kepada atasan tentang nasib yang menimpa dirinya adala wajar, maka lebih wajar lagi kiranya kalau seorang mahasiswa mengadu untung nasibnya kepada kepala Fakultasnya, yaitu Bapak Dekan.

Saya sebagai seorang mahasiswa FHPM Unsyiah dan juga teman-teman mahasiswa yang lain merasa gembira dan bersyukur, melihat perkembangan FHPM semakin maju, baik dalam hal gedung maupun dalam hal jumlah mahasiswanya dimana tiap pergantian tahun terus bertambah.

Dalam hal perpustakaan di FHPM, kalau sebelum tahun 1978 kami mahasiswa/i terpaksa datang keruang perpustakaan dengan menempuh jarak lebih dari ½ (setengah) kilo meter, kini FH telah memiliki ruang pustaka yang letaknya satu atap dengan ruang kuliah induk.

Tapi sayang, seribu kali sayang, tata cara peminjaman buku di pustaka FH sekarang ini sungguh semraut atau sungguh banyak liku-likunya. Betapa tidak, peraturan pinjam buku sekarang telah kembali lagi seperti peraturan peminjaman tahun 1977, yaitu kami tidak bebas lagi untuk mengambil sendiri buku-buku yang tersusun diatas rak-rak buku.

Sekarang si mahasiswa/i baru dapat meminjam kalau dia dapat menyebut nama (judul) buku beserta nama pengarangnya. Kalau tidak demikian tidak akan dilayani oleh petugas pustaka. Mana mungkin sanggub  kita ingat semua nama-nama buku yang begitu banyak jumlahnya serta lagi nama pengarangnya, sebab buku yang akan dibaca oleh seorang mahasiswa tidak hanya saja buku-buku yang ada hubungannya dengan mata kuliah, bagi seorang mahasiswa yang mempunyai hobby membaca alias kutu buku, mungkin buku apa saja akan dibacanya untuk memperluas horizon pengetahuannya. Jadi apa faedahnya fasilitas untuk membaca di FH disekat???.

Satu hal lagi yang sangat merepotkan bagi kami para mahasiswa adalah   bagi kami diwajibkan mengisi formulir yang menyebutkan nama buku dan nama pengarangnya, sungguh hal ini sangat merepotkan apalagi kalau mahasiswa yang akan pinjam buku ramai karena kebetulan serentak datang ke PUSTAKA. Kiranya keluhan ini dapat respon yang konstruktif dari Bapak Dekan dan juga dari Bapak kepala PUSTAKA FHPM Unsyiah!.  DIRGAHAYU TAHUN BARU 1980 MILADIYAH.

Kampus Darussalam 1 Januari 1980.

Wassalam dari KUTU BUKU:

Nuga Lantui

*Dimuat di Waspada tgl 15 Januari 1980.TA( dengan perubahan judul “Keluhan di FHPM Unsyiah”. Bale Tambeh, 30 Oktober 2011, T.A. Sakti).)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s