Surat Kepada MAB Indonesia

Banda Aceh, 12 Februari 2006

Kepada Yang Terhormat

Pimpinan dan para staf

MAB Indonesia

di tempat.

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Salam sejahtera !

  1. Saya sudah pernah menyurati MAB dua-tiga tahun lalu, dan pernah dikirimi brosur dan buku dari MAB Indonesia. Pada kali ini saya kirimkan tiga jilid buku saku Lingkungan Hidup buat koleksi Pustaka MAB. Ketiga buku ini tulisan saya sendiri. Sayang sekali, isi buku dalam bahasa Aceh, sehingga/mungkin tidak ada staf MAB yang mengerti isinya.

Alangkah lebih menarik, berdaya guna, dan bertambah banyak pembacanya ; jika buku ini dicetak edisi Lux, berwarna-warni, dan disertai foto/gambar dari burung/binatang langka yang tersebut di dalamnya. Akan semakin tambah menarik lagi, jika diterjemahkan pula ke bahasa Indonesia dan Inggris!.

  1. Pada bagian kedua ini saya hanya ingin memberitahukan, bahwa daerah Aceh juga memiliki kearifan lokal/muatan lokal mengenai Lingkungan Hidup, yakni di dalam naskah-naskah lamanya. Meski tsunami telah meluluh lantakkan hampir seluruh segi kehidupan masyarakat Aceh, tapi alhamdulillah; saya masih bisa menyelamatkan manuskrip-manuskrip walaupun harus menjemurnya ber-bulan2 . Dalam 25 judul naskah yang telah saya ubah dari huruf Arab Jawi ke huruf Latin, disana-sini ternyata termuat kearifan loka tentang Lingkungan Hidup. Namun, dari 25 judul litu, hanya 3 judul yang benar-benar sarat dengan muatan Lingkungan Hidup, yaitu  naskah-naskah yang pernah saya sertakan dalam Lomba KEHATI Award 2001 (fotocopy terlampir).

Hikayat Kisason Hiyawan, misalnya isinya boleh dikatakan seluruhnya tentang perilaku binatang, yang terselip tingkah laku manusia atau tamsilan/perbandingnya. Hikayat Kisason Hiyawan (artinya : Kisah dunia binatang) ini amat menarik jika disadur menjadi cerita ANAK-ANAK ke dalam bahasa Indonesia seperti yang saya lakukan (terlampir). Hikayat ini telah saya cetak dalam dua jilid buku saku sederhana. Tahun 1993 pernah dimuat bersambung dalam Hr. Serambi Indonesia; dan tahun 2005 dalam Koran Rakyat Aceh. Sementara Hikayat Gomtala Syah dan Banta  Amat belum bisa saya cetak seluruhnya, yaitu masing2 baru  2 jilid dari 9 dan 5 jilid seluruhnya.

Demikian informasi Lingkungan Hidup dalam NASKAH/MANUSKRIP Aceh, semoga ada manfaatnya. Maaf, mesin Tik murahan saya ini sukar  ditekan jelas, sedang mesin Tik lama yang sudah 25  tahun saya pakai dan komputer hadiah orang  – yang belum sempat saya gunakan – sudah dimakan tsunami.

wassalam,

T.A Sakti

(Drs. Teuku Abdullah, Sm. Hk)

Tinggalkan Balasan

