Gagasan Pengajian di Gedung SD Seluruh Aceh

Komentar Pembaca:

GAGASAN PENGAJIAN DI GEDUNG SD SELURUH ACEH

Gagasan Kepala Dinas P dan K Propinsi Aceh Drs. H. Sofyan Muchtar amat mengejutkan sekaligus menggembirakan. Setahu saya, sampai hari ini belum pernah muncul gagasan seperti itu, yang begitu menyejukkan hati para orang tua murid Sekolah Dasar. Bahwa gedung-gedung Sekolah Dasar (SD) seluruh Aceh pada sore hari akan dijadikan sebagai tempat pengajian (Serambi, Rabu, 8 Mei 1996, hlm. 7).

Namun, sebagai   orang awam kita mungkin sudah amat sering mendengar gagasan dan janji-janji. Memang melontarkan gagasan amatlah mudah, sementara pelaksanaannya di lapangan sudah pasti bakal dihadang berbagai rintangan baik besar maupun kecil. Kemenangan dalam melawan rintangan-rintangan itulah yang merupakan terwujudnya gagasan atau terpenuhinya janji-janji itu.

Kita yakin, insya Allah: gagasan menjadikan gedung SD menjadi tempat pengajian di waktu sore akan menjadi kenyataan. Apalagi telah mendapat sambutan baik dan lampu hijau dari para ulama dan umara daerah Aceh (Serambi, 11 Mei 1996).

Faktor yang paling mendukung dengan gagasan ini memang telah sekian tahun menanti. Yaitu instruksi Gubernur Aceh tentang wajib bisa membaca Al-Qur’an bagi lulusan SD. Bolehlah dikatakan, bahwa gagasan Kepala Dinas P dan K Aceh itu merupakan salah satu cara pelaksanaan dari instruksi tersebut.

Hanya saja, sesuai harapan Prof. Dr. Muhibbuddin Wali, pemimpin Dayah-Pesantren Darussalam, Labuhan Haji, Aceh Selatan; agar gagasan itu segera dilaksanakan sebelum dingin alias beku, Pesan atau saran dari ulama besar ini amatlah tepat, lebih-lebih mengingat hasil seminar tentang masalah itu (yang akan diadakan), bukanlah ‘lampu aladin’ yang menjanjikan kesuksesan. Semoga gagasan Kepala Dinas P dan K Aceh Drs. H. Sofyan Muchtar benar-benar berhasil hendaknya!!!!

T. A. Sakti

Banda Aceh, 11 Mei 1996.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s