Berita – berita Kereta Api Aceh

Komentar pembaca :

Berita-berita KA Aceh

Sudah setahun lebih saya tidak mendapatkan berita” Serambi tentang Kereta Api (KA) Aceh. Mengumpulkan guntingan koran atau kliping masalah Kereta Api termasuk hobi saya sejak lama. Karena itu, tidak munculnya berita-berita mengenai KA Aceh tersebut; membuat batin saya resah dan bertanya-tanya. Kebingungan barulah terobati, ketika saya membaca lagi berita masalah KA Aceh baru-baru ini (Serambi, Jum’at, 10 Mei 1996 hlm. 1). Berita itu antara lain menjelaskan, bahwa kalau tak ada aral melintang KA Aceh direncanakan akan mulai dibangun tahun depan (1997?).

Sekiranya boleh, saya mohon kesediaan pihak Harian Serambi Indonesia, agar tidak bosan-bosannya memberitakan perihal rencana pembangunan kembali Perkeretaapian Aceh. Memang saya tidak tahu pasti asal-usul tumbuhnya hobi saya mengumpulkan kliping berita/tulisan masalah Kereta Api. Namun yang pasti, saya termasuk salah seorang yang paling senang naik Kereta Api kalau bepergian jauh. Sekitar delapan tahun lalu, jika hendak ke tempat yang jaraknya lebih 10 km; saya senantiasa naik Kereta Api. Menggunakan jasa kendaraan KA memang terasa aman, murah, nyaman dan kurang melelahkan.

Selain saya yang punya hobi mengoleksi guntingan koran masalah Kereta Api, mungkin banyak pula orang lain yang memiliki hobi serupa. Demi dapat saling tukar informasi dengan mereka, dibawah ini saya cantumkan judul-judul berita/tulisan masalah Kereta Api yang saya punya, yaitu:.

  1. Kliping paling lama saya simpan berjudul : “Terlupa atau sengaja dilupakan; Kereta Api Aceh yang aman dilalui 9 km lagi” (Atjeh Post, Rabu, 9 Juli 1980).
  2. Miswar Sulaiman membuat laporan nasib KA Aceh dengan judul “Sarana Angkutan KA di Aceh Penting menunjang Perkembangan Industri “(Hr. Waspada, Senin, 27 Februari 1984 hlm. V)
  3. Seminar Nasoinal Pembangunan Aceh di Jakarta tahun 1988 yang diadakan atas kerja sama PWI – Pemda Aceh turut mendiskusikan rencana pembangunan kembali KA Aceh. Sebuah laporan yang berjudul “Fungsikan kembali Kereta Api di Aceh” (Hr. Waspada, Selasa 25 Oktober 1988 hlm. IV) telah membeberkan pendapat-pendapat dalam seminar taraf nasional itu.
  4. Sebuah artikel menarik tentang pasang naik-pasang surutnya perkeretaapian di Indonesia sepanjang dua seri. Kupasan ini ditulis Iman Subarkah, bekas Direktur utama PNKA (1966-1967); staf ahli Mentri Perhubungan (1968-1973); dimuat harian Kompas, 4 Februari 1988 hlm. IV dengan judul “Kereta Api Kita”.
  5. Tahun 1989 berita masalah KA mencuat lagi kepermukaan. Sebuah laporan panjang dimuat dalam Hr. Atjeh Post edisi Minggu kedua September 1989 hlm. V dengan judul: “Tut…Tut…Tut…Kapan Keretaku Kembali”. Pada halaman IV koran yang sama dimuat sebuah artikel yang ditulis Muhammad Gade Ismail yang berjudul : Kereta Api Aceh yang Telah Tiada”.
  6. “KA Aceh masih dalam penelitian” (Serambi, 19 – 9 – 1992 hlm. 10).
  7. “Rp 700 Miliyar Dana Pembangunan Jaringan Kereta Api Daerah Aceh” (Serambi, 8-10-1992 hlm.1).
  8. “Dibangun Kembali, Jalan KA Banda Aceh – Besitang” (Kompas, 9-10-1992 hlm. 13).
  9. “Bagaimana tentang Kereta Api Aceh”, Tanya seorang pembaca dalam Komentar Pembaca (Serambi, 24-9-1993 hlm.4).

10.  “Bicarakan Kereta Api Aceh; Anggota DPR asal Aceh jumpai Dirut Perumka” (Serambi, 4-11-1993 hlm.1).

11.  “Anggota DPR-RI Asal Aceh Dukung Mbak Tutut Bangun Kereta Api (Serambi, 10-7-1994 hlm. 8).

12.  “Tim DPR RI Asal Aceh Gagal Bertemu Direksi Perumka” (Serambi, 9-11-1993 hlm.11).

13.  “Kereta Api Menjauh dari Aceh”, tulis Ismail NA dalam Komentar Pembaca (Serambi tgl 20-7-1994 hlm.4).

14.  “Gubernur Syamsuddin Mahmud di Bapenas: Mendesak Pembangunan Kereta Api Aceh” (Serambi, 4-11-1994 hlm.1).

15.  “Informasi tentang Aceh sering tak utuh; 35 Wartawan Nasional Keliling Aceh” (Serambi, 11-7-1994 hlm. 2). Berita ini sengaja saya kutip, karena mungkin ada kaitannya dengan ketiadaan hubungan dengan Kereta Api di Aceh.

Akhirnya, Kepada Harian Serambi Indonesia yang sudi memuat komentar ini saya ucapkan banyak terima kasih!.

T.A. Sakti

11 Mei 1996

Banda Aceh

Iklan

2 pemikiran pada “Berita – berita Kereta Api Aceh

  1. n asib nasib. kiban lom teungku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s