Mohon Bantuan MUI Aceh

Komentar Pembaca:

Mohon Bantuan MUI Aceh

Hingga hari ini telah 15 naskah lama bahasa Aceh yang saya alih aksara-kan dari huruf Arab Jawi (Aceh: Jawoe) ke dalam huruf Latin. Naskah-naskah itu berupa hikayat, nadlam dan tambeh. Selama kegiatan ‘iseng-iseng’ alih aksara sejak tahun 1992 itu, saya belum pernah mengalami hambatan yang berarti. Hal itu bisa saya lalui, karena hampir semua isi naskah-naskah tersebut hanya syair-syair bahasa daerah Aceh serta amat sedikit kutipan ayat-ayat Al Qur’an dan Hadits.

Barulah sekarang saya mengalami kendala ketika hendak mengalih aksarakan  karangan Syekh Abdussalam, yang berjudul: “Tuhfatul Ikhwan”  berupa karya alih bahasa Arab ke bahasa Aceh yang diterjemahkan pada tahun 1224 H.

Kalau melihat kepada isi dan susunan bab/bagiannya, naskah ini persis  sama dengan isi Kitab Tambihul Ghafilin yang juga terjemahan bahasa Arab ke bahasa Melayu, yang dilakukan oleh Abdullah bin Abdul Muk Mubin tahun 1184 H.   Sayangnya, baik penyusun “Tuhfatul  Ikhwan” dan penyusun  “Tambihul  Ghafilin”, (artinya:  Peringatan Bagi Mereka Yang Lupa) sama-sama tidak menyebutkan dari Kitab mana mereka terjemahkannya.

Kitab Tuhfatul  Ikhwan ini penuh dengan kutipan ayat Al Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Malah, ayat dan hadits sengaja ditulis dengan dawat warna merah.

Saya mengalami hambatan saat meng-Latinkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist.   Apalagi menurut anggapan saya,  bahwa lebih afdhal jika ayat  dan hadist tetap ditulis dalam huruf Arabnya. Maka menjadilah kendala bagi saya makin berlipat-ganda.

Satu hal lagi,  kertas dari naskah kitab bersyair Aceh ini telah sangat rapuh.   Di sana-sini sudah berlobang dan banyak bercak hitam; pertanda bakal rontok/luroh.  Jika tidak disalin kembali dalam setahun lagi,  bakal rontok sebagian besar tulisannya. Sebab itulah saya mohon bantuan dan saran dari MUI Aceh

T. A. Sakti

Banda Aceh,

Rumoh Blang, 10 April 1997.

Tinggalkan Balasan

