Perlu Lembaga Penulis Sastra Aceh!

  1. PERLU LEMBAGA PENULIS SASTRA ACEH

Di saat sastra Aceh nyaris punah menemui ajalnya, tiba-tiba muncullah obat mujarab, sehingga sastra Aceh mulai berseri kembali. Begitulah yang dirasakan para pecinta sastra Aceh dengan adanya anugerah sastra Aceh yang diberikan Dinas Kebudayaan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam baru-baru ini. Ibarat tanaman di musim kemarau; daun dan tunas-tunasnya  akan mekar dan berseri-seri, di saat hujan rintik-rintik mulai turun dari angkasa.

Mengingat amat bermaknanya pemberian anugerah sastra Aceh bagi perkembangan sastra Aceh di masa mendatang, pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yang sudi mewujudkan suatu penghargaan bagi penulis sastra Aceh, yang belum dilakukan selama ini, bahkan sejak bahasa dan sastra Aceh wujud di dunia. Mudah-mudahan di masa-masa mendatang akan datang, bentuk penghargaannya bisa ditingkatkan lebih bergaung dan bergengsi lagi!.

Kita juga mengharapkan agar Dinas Kebudayaan sudi kiranya membentuk sebuah Lembaga Penulis Sastra Aceh; sebagai wadah tempat bergabungnya para pecinta sastra Aceh. Di samping itu, amat dirasa perlunya sebuah media sejenis majalah yang khusus isinya tentang sastra Aceh dengan bahasa pengantarnya juga bahasa Aceh.

Sehubungan dengan sasan-saran tersebut di atas, kita mengharapkan Pemda Aceh mau terlibat dengan sungguh-sungguh dalam upaya melestarikan sastra Aceh yang nyaris punah dewasa ini. Alokasi dana yang memadai buat benteng terakhir sastra Aceh adalah jawaban nyata bagi kegiatan itu. Semoga tidak ada lagi pejabat yang menganjurkan orang lain bekerja menggali budaya nasional “hanya dengan bibir”  beliau saja!!!. Dirgahayu sastra Aceh sepanjang abad..!!!!!.

T.A Sakti

Banda Aceh

7 Oktbr 2003

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s