Pelatihan Jurnalistik

Komentar Pembaca:

Pelatihan Jurnalistik

Dalam bulan Oktober 1996, saya telah membaca dua berita ‘Pelatihan Jurnalistik”. Pada berita pertama, pelatihan itu dilangsungkan pada tingkat mahasiswa Se-Sumatera (Serambi, 4 Oktober 1996 halaman 3) dan kali kedua diadakan oleh sebuah sekolah menengah, yakni Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis dan Manajemen (SMK BM) Banda Aceh (Serambi, 10/10- 1996 halaman 7).

Pelaksanaan penataran, pelatihan atau pun “kursus kilat” bidang jurnalistik yang semakin sering berlangsung di Aceh, menandakan suatu kemajuan bagi daerah Aceh. Tempo dulu, kegiatan serupa ini teramat langka diadakan di Aceh, baik oleh kalangan wartawan, pihak mahasiswa; apalagi pada tingkat sekolah menengah.

Sekarang memang sudah banyak kemajuan, malah berbagai organisasi dan lembaga berlomba-lomba mengadakan pelatihan jurnalistik (tulis-menulis). Saya yakin, kemajuan bidang “pelatihan jurnalistik”  di Aceh ini; tidak terlepas dari keberadaan Harian Serambi Indonesia yang hampir tujuh tahun terbit di Aceh. Berita-berita penataran “penulisan” dari daerah lain yang dimuat Serambi, telah mempengaruhi meningkatkan minat terhadap jurnalistik di Aceh.

Kita harapkan, mudah-mudahan kegiatan pelatihan jurnalistik bisa terus berkembang secara berkelanjutan di Aceh. Pada suatu saat nanti, setiap Sekolah Menengah dan Sekolah Dasar agar mampu mengelola sebuah penerbitan masing-masing seperti bulletin dan majalah dinding. Sementara itu kita mengharapkan, agar panitia pelaksanaan pelatihan jurnalistik selalu mengadakan seleksi ketat tentang minat dan bakat terhadap peserta pelatiihan itu. Keteledoran dalam hal penyaringan peserta ini, bisa menyebabkan pelaksanaan pelatihan jurnalistik tersebut menjadi sia-sia. Banyak bukti yang demikian.

T.A. Sakti

Banda Aceh, 4 – 10 – 1996.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s