Porseni dan Nazam Aceh

Komentar Pembaca:

Porseni dan Nadlam Aceh

Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) telah berlangsung bertahun-tahun yang dilaksanakan Departemen Agama (Depag). Bagi Aceh Besar pelaksanaan Porseni tahun ini adalah ke- 9 kali (Serambi, 25-10-1994 hal. 3). Melihat kepada acara yang diperlombakan, saya merasa ada sesuatu yang kurang. Yakni belum dimasukkan satu jenis pun dari unsur kebudayaan daerah Aceh sebagai mata acara yang dipertandingkan. Padahal daerah Aceh diakui tiga bidang keistimewaannya, yaitu agama, adat-istiadat dan pendidikan.

Khusus di bidang seni, sebenarnya ada beberapa jenis budaya Aceh yang patut diikutsertakan. Selain ‘mewakili’ kesenian daerah, jenis acara ini juga mengandung unsur agama/sastra agama yang semestinya juga perlu dibina serta dilindungi oleh Depag. Nadlam Aceh dan Tambeh adalah dua bentuk sastra Aceh dalam bahasa Aceh yang kental mengandung pesan agama Islam. Perlu dicamkan, bahwa Nadlam Aceh dan Tambeh salah satu pusaka budaya Aceh yang bisa terus dikembangkan. Sesuatu yang disebut tradisional bukan  berarti tak bisa diubah-suaikan/dikembangkan lagi.

Tapi, sayang sekali, merdunya Nadlam Aceh atau Tambeh hampir tak pernah terdengar lagi dewasa ini. Hanya Nadlam Aceh yang pernah disiarkan RRI Banda Aceh sebagai acara dua-mingguannya, terutama semasa Drs. Araby Ahmad masih dikandung hayat. Sementara sastra agama jenis Tambeh boleh dikatakan sama sekali terlupakan. Nampaknya, Kanwil Depag daerah Aceh turut melupakannya pula. Mengingat Porseni dilaksanakan Departemen Agama, maka sudah sepatutnya lembaga ini ikut mempelopori memasukkan Nadlam Aceh dan Tambeh menjadi salah satu dari bidang-bidang yang diperlombakan dalam setiap kali diadakan Porseni. Tentang bentuk perlombaan dari Nadlam Aceh dan Tambeh ini tentu perlu ditentukan kriterianya pula. Pada Porseni tahun-tahun mendatang, mudah-mudahan kemerduan syair Nadlam Aceh dan Tambeh akan bergema kembali. Semoga !!!

Kepada pengurus LAKA yang baru dilantik Gubernur Aceh, saya ucapkan selamat berkarya!!!.

T.A Sakti

Banda Aceh,

Oktober 1994

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s