Buat TVRI Banda Aceh

Buat TVRI Banda Aceh :

Juz ‘Amma dan Konsolidasi Budaya Aceh

Konsolidasi dan   pelestarian budaya Aceh merupakan agenda pertama dari lima agenda Tahun Budaya NAD 2004. Memang, banyak ragam budaya Aceh yang nyaris punah yang perlu diselamatkan. Salah satu diantaranya adalah sistem pengajian Juz ‘Amma (bahasa Aceh : Beut Juih ‘Amma atau metode Baghdad) bagi anak-anak di Aceh.  Paling kurang, selama Tahun Budaya 2004 ini, menu siaran cara belajar mengaji Al-Qur’an ‘khas Aceh” ini perlu pula ditampilkan dalam siaran TVRI Nanggroe Aceh Darussalam /NAD-Banda Aceh. Kalau selama ini, pada setiap Sabtu sore hanya cara belajar Mengaji Metode Iqrak yang disajikan TVRI NAD, maka sehubungan dengan pencanangan Tahun Budaya Aceh 2004; sangatlah patut cara belajar NGAJI Khas Aceh ini perlu pula dilestarikan lewat siaran TVRI Banda Aceh.

Upaya siaran Belajar Mengaji Juz ‘Amma ala tradisi Aceh; mesti segera dihadirkan di TVRI NAD. Kalau tidak, hal ini bisa menghancurkan Tradisi Belajar Juz ‘Amma yang masih ada sisa-sisanya di pelosok-pelosok gampong di Aceh. Sebab “tergusur” oleh pengajian Metode Iqrak yang terus-menerus disiarkan TVRI Banda Aceh.

Pada umumnya, karakter masyarakat Aceh  adalah sangat mudah meniru sesuatu yang datang dari luar yang dianggap maju atau modern. Mereka menganggap sesuatu yang disiarkan lewat layar kaca Tivi adalah maju atau modern. Akibat selalu yang disaksikan di TVRI Banda Aceh hanyalah Cara Belajar Al Qur’an dengan Metode Iqrak, maka tanpa pikir panjang,  metode Iqrak itulah dikira yang paling baik dipraktekkan dalam mengajar mengaji Al Qur’an bagi anak-anak. Lantara itu, punahlah cara Belajar Mengaji Metode Juz Amma di desa-desa; atau  punah satu demi satu sampai habis. Kalau hal ini benar-benar terjadi, berarti pupuslah salah satu ciri khas budaya Aceh yang pernah berkembang selama berabad-abad.

Banda Aceh, 18 April 2004

Poh 18.11 WNAD

T.A. Sakti

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s