SURAT PROF.A. HASJMY

Prof. A.Hasjmy

Ketua Umum Majlis Ulama Daerah Istimewa Aceh

Direktur Pusat Studi Islam Asia Tenggara IAIN Ar Raniry

Kantor : Jalan Muhammad Jam No. 2 – 4  Telp. 22531

Rumah: Jalan Jendral Sudirman   No.  20  Telp. 21623

Banda Aceh  –  Indonesia (Kotak Pos 81 )

_________________________________________________________________________________

No.             : 1218/AH/063/87                                                                      Banda Aceh, 17 Desember  1987

Lampiran   : ———–

Ikhwal        : balasan surat

Bismillahirrahmanirrahim

Kepada

Anakda T.A. Sakti

Jalan Sunaryo   No. 2

Kotabaru,  Yogyakarta

Assalamualaikum  ww

Setelah mendoakan semoga anakda senantiasa berada  dalam perlindungan Allah dan tetap mengarang tanpa putus asa, maka ayahda permaklumkan :

  1. Surat anakda bertanggal 5 Desember 87 selamat ayahda terima dan maklum. Terimakasih.
  2. Ayahda senang sekali , bahwa anakda disamping belajar juga tetap mengarang. Ini sangat penting, karena Tanah Aceh sangat memerlukan banyak pemuda-pemudanya yang mau mengarang dengan kemuan yang tangguh.
  3. Membaca lampiran surat anakda, ayahda sangat gembira karena anakda termasuk dalam kelompok orang yang produktif.  Ayahda sarankan agar anakda tetap mengarang, apa saja, karangan ilmu pengetahuan, sajak,cerpen/novel atau laporan. Yang penting, berkemauan keras.
  4. Kalau ada karangan, jangan menerbitkan sendiri, karena kecuali memerlukan modal  dan keahlian dalam hal penerbitan, juga masalah pemasaran. Biarlah kita mengarang dan orang lain yang menerbitkannya. Anakda boleh tawarkan kepada beberapa penerbit.
  5. Untuk selanjutnya, anakda jangan terlalu banyak memakai “ nama samaran ” dalam karangan-karangan. Menurut ayahda, baiklah sekarang dipakai nama T.A. Sakti saja. Hal ini, agar nama anakda sebagai pengarang cepat di kenal. Sebenarnya, dikenal penting sekali bagi penerbit. Kalau anakda tetap mengarang tanpa memikirkan apakah karangan anakda diterbitkan atau tidak, niscaya anakda menjadi PENGARANG  BESAR  YANG TERKENAL nantinya. Percayalah nasehat ayahda ini, yang telah banyak pengalaman sejak dari usia 16 tahun dalam medan ini  (mengarang ).

dto

Prof.A. Hasjmy

Catatan : saya terima di asrama Taman Pelajar Aceh “ Merapi Dua ” Yogyakarta. Hari Jum’at jam+  11.48 Wib. Tgl. 26 Rabi ’ul Akhir 1408 bertepatan 18 Desember 1987, yaitu semasa kaki  saya yang “patah” kumong lom sudah 12 hari. Dikirim lewat pos “ Kilat Khusus “.

*Saya yang menerima dan membuat catatan :

T.Abdullah Sulaiman alias T.A. Sakti.

( Catatan:  Oleh karena hampir semua nasehat Prof.A.Hasjmy tidak mampu saya laksanakan,maka posting ini mudah-mudahan  bermanfaat bagi calon pengarang  lainnya. Semoga!.    Tahun 1998 Prof. A.Hasjmy berpulang ke rahmatullah!. Semoga segala amal beliau diterima Allah SWT, Aminn!!.  Banda Aceh, 22 Juni 2010, T.A . Sakti).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s