SERAMBI DAN BBC

Komentar Pembaca:

Serambi dan BBC

Wawancara BBC seksi bahasa Indonesia dengan Bapak H. Sjamsul Kahar; Pimpinan Redaksi Harian Serambi Indonesia pada hari Sabtu malam sekitar pukul 20.15 wib, tanggal 7 Juni 1997; telah “mencairkan” anggapan saya yang keliru terhadap harian/suratkabar tercinta ini. Isi wawancara itu adalah mengenai “Masa Depan Pers di Indonesia” sehubungan pergantian Menteri Penerangan Republik Indonesia dari Bung Haji Harmoko kepada Bapak R. Hartono.

Selama ini saya beranggapan, bahwa keberadaan Harian Serambi Indonesia yang sudah lebih delapan tahun terbit di Banda Aceh belum diketahui pihak BBC London seksi bahasa Indonesia. Anggapan saya itu berdasarkan ‘pengamatan’ sambilan saya sendiri. Sudah sekian lama pada siaran pagi BBC sekitar pukul 5.35 wib.  menyiarkan acara “Tinjauan Pers Pagi Ini”.

Dalam acara itu diungkapkan berita-berita utama dari beberapa suratkabar “daerah” dan “Nasional” yang terbit hari itu. Di antara suratkabar lokal yang amat sering diungkapkan isinya adalah Banjarmasin Pos, Bali Post, Jawa Pos, Surabaya Post, Kedaulatan Rakyat (Yogyakarta), Haluan dan Singgalang yang keduanya terbit di Padang, Sumatera Barat.

Oleh karena nama Harian Serambi Indonesia tak pernah disentuh dalam acara “Tinjauan Pers’ itu, maka saya pun menyangka bahwa memang pihak BBC belum mengetahui tentang keberadaan Serambi di Banda Aceh. Namun, setelah menyimak wawancara tersebut di atas, barulah saya sadari bahwa anggapan saya selama ini amatlah keliru.

Walau demikian, yang tetap menjadi pertanyaan, mengapa hingga hari ini Harian Serambi Indonesia belum “melibatkan diri” atau dilibatkan dalam acara “Tinjauan Pers Pagi Ini” pada siaran BBC itu???.

T. A. Sakti

Kampus Darussalam,

Banda Aceh.

Tinggalkan Balasan

