BENARKAH RAHIM WANITA PUNYA DUA BUAH PELIR?

Komentar Pembaca:

Benarkah Rahim Wanita Punya Dua Buah Pelir???

Pertanyaan di atas khusus ditujukan kepada para dokter dimana saja mereka berada!.

Akbat amat minim pengetahuan tentang susunan anggota tubuh manusia, saya menjadi amat kaget ketika mambca sebuah naskah lama, yang menyebutkan bahwa pada rahim seorang perempuan selalu didampingi dua buah pelir yang bentuknya , maaf seperti zakar (kemaluan lelaki) songsang. Perkataan songsang biasanya diartikan: letaknya terbalik. Selama  ini hanya orang lelaki yang saya tahu memiliki buah pelir.

Pengetahuan mengenai susunan fisik tubuh manusia, sewaktu saya kecil hanya mempercayai isi mantera dukun/pawang yang menyebutkan: “Tuleueng lam tuboh sireutoh lapan khan, urat lam badan siribee dua”(tulang dalam tubuh 108 kerat, urat di badan manusia 1002). Setelah sekolah, saya  mulai meragukan dengan bilangan potongan tubuh manusia seperti yang disyairkan para dukun ketika mengobati orang sakit.

Di sekolah, ala kadarnya saya telah mempelajari susunan anggota fisik/tubuh manusia. Fungsi-fungsi dari berbagai organ tubuh telah saya tahu walaupun hanya sepintas. Namun saya belum pernah diberi penjelasan mengenai berapa jumlah potongan organ tubuh seperti yang dikatakan sang dukun itu (atau saya yang sudah lupa?).

Naskah lama  yang “mengejutkan saya” itu berjudul “Tambeh Tujoh”(artinya:  Tujuh tuntunan/pedoman), sebuah kitab nasehat agama yang ditulis dalam bentuk syair Aceh. Tambeh Tujoh  ini merupakan kitab terjemahan dari bahasa Arab yang dilakukan oleh Syekh Abdussalam  pada tahun 1208 H.

Pada bab dua, ketika menjelaskan “Ilmu tasyrih”, kitab ini menyebutkan bahwa jumlah bagian anggota tubuh manusia terdiri dari 40 bagian (digabungkan lelaki dan perempuan). Selain yang sangat “mengherankan” seperti tersebut di atas, masih ada pula beberapa hal yang menjadi pertanyaan bagi saya. Misalnya, benarkah mata kita terdiri dari tujuh lapis, mata tersusun dari lemak (gapah), dan air mata yang asin itu berfungsi agar lemak mata tidak hancur???

T.A. Sakti

Iklan

3 pemikiran pada “BENARKAH RAHIM WANITA PUNYA DUA BUAH PELIR?

    • lebih jelas, tanya dokter!.

      • ada pasien yang rahimnya diangkat kata doktre rahimnya ada dua apa benar saya ragu, tolong para doktre ahli bedah penyakit dalam di mana pun yg membuka komen sy. jwb pretanyaan sy? trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s