KKN DAN LOMBA HIKAYAT ACEH

Komentar Pembaca:

KKN dan Lomba Hikayat Aceh

Dalam dua bulan terakhir, kita sering membaca berita pelepasan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) menuju desa di Aceh. Paling akhir, kita membaca berita pelepasan KKN mahasiswa Universitas Iskandarmuda (Unida) menuju desa pengabdian mereka di Aceh Besar.

Keberhasilan suatu program KKN, sangat tergantung kemampuan membina keakraban pada tahap awal antara mahasiswa KKN dengan penduduk setempat. Bila keakraban telah erat, maka harapan berhasilnya KKN kemungkinannya akan semakin besar.

Kiat-kiat pendekatan dengan warga pedesaan tentu sudah banyak dibekali sejak di kampus. Namun, salah satu ‘azimat’ pendekatan yang MUNGKIN MALU disarankan kepada mahasiswa KKN adalah lomba membaca hikayat Aceh. Padahal sebagian warga desa masih sangat gemar membaca atau mendengar bacaan rakyat.

Keberhasilan pendekatan lewat lomba baca hikayat Aceh, pernah dialami para mahasiswa KKN Unsyiah  tahun 1992 di desa Ulee Tanoh dan Gampong Meunasah Nga, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara. Waktu itu mereka mengadakan perlombaan baca hikayat dengan peserta para pemuda dan orang-orang tua di tingkat  Kemukiman dari desa-desa itu. Acara lomba memang ada beberapa, tapi ternyata pada lomba baca hikayat Aceh jumlah pesertanya membludak. Inilah buktinya, bahwa Hikayat Aceh masih banyak peminatnya di gampong-gampong!!!. Keterangan ini saya peroleh dari peserta KKN di desa Ulee Tanoh yang kini bergelar sarjana. Mudah-mudahan akan tampil mahasiswa KKN lain yang mengikuti jejak mereka. Yah, paling kurang bisa berguna untuk menggairahkan pelajaran muatan lokal di Aceh, yang hingga kini masih tertatih-tatih!. Atau pun dalam rangka “mengenang” pengarang besar hikayat Aceh almarhum Syekh Rih Kruengraya!

dto

T.A. Sakti


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s