“RANCAGE”,BERGEGASLAH DATANG KE ACEH!

Komentar Pembaca:

“Rancage”, bergegaslah datang ke Aceh!.

Membaca tulisan Fitrah Mirja Leo yang berjudul “Perhatian Yayasan Kebudayaan “Rancage” terhadap perkembangan Sastra Daerah” (Harian Serambi Indonesia, Banda Aceh, Minggu 2 Maret 1997 halaman 4) sempat menggariahkan kembali minat saya terhadap sastra Aceh yang kini sedang sekarat.

Alasan yang memberi semangat itu memang abstrak, yakni timbulnya harapan agar Yayasan “Rancage” mau hadir ke Aceh untuk menghidupkan kembali sastra Aceh yang nyaris mati; lebih-lebih setelah Pengarang Besar Sastra Aceh Syeh Rih Kruengraya berpulang ke rahmatullah pada bulan Maret 1997 lalu.

Menyimak perkembangan Yayasan ‘Rancage’ yang diketuai  sastrawan Ajip Rosidi memang unik. Betapa tidak ia bermula dari upaya perseorangan yang sejak 1989 setiap tahun memberikan hadiah kepada dua orang pengarang dalam bahasa Sunda. Adakah mungkin akan muncul orang yang sedemikian idealis, yang mau berupaya menyelamatkan Sastra Aceh???. Saya rasa amat nihil!. Alasannya, lembaga-lembaga yang ‘resmi’ pun (yang berkaitan dengan kebudayaan-kesenian di Aceh) tidak mampu berbuat banyak. Apalagi perseorangan…?? Alasan yang lain, saya sudah lima tahun lebih mencari-cari ‘sponsor’ yang bersedia memberi dana untuk mencetak 19 judul naskah sastra Aceh yang telah dialihkan dari huruf Arab Melayu ke aksara Latin. Ternyata ‘pengemisan’ saya hanya sia-sia!.

Kemajuan Yayasan Kebudayaan ‘Rancage’ terus melangkah setapak demi setapak. Tahun 1994, mulai memberi hadiah kepada pengarang buku khusus anak-anak dalam bahasa Sunda, yang diberi nama Hadiah ‘Samsudi’. Selanjutnya, ruang lingkup garapan Yayasan ‘Rancage’ diperluas lagi terhadap bahasa Jawa. Berangkat dari sinilah, saya mengharapkan mudah-mudahan Yayasan “Rancage” ini, bersedia pula menaburkan jasa-baktinya terhadap bahasa dan sastra daerah Aceh. Semoga!!!.

dto

T.A. Sakti

20 Agustus 1997

19-21999Peminat Sastra Aceh,

dto

T.A. Sakti

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s