OBAT PENYAKIT LUPA: Lingkungan Hidup

Komentar Pembaca:

Obat Penyakit Lupa

Membaca rubrik Wanita Serambi Minggu, 30 Maret 1997 hlm. 3 yang berjudul “Gangguan Daya Ingat Gejala Demensia” dan berita rubrik wanita yang berjudul “Penyakit Lupa jangan Dianggap Enteng” (Serambi, 16 april 1995 halaman 3).Kedua info itu,  mengingatkan saya kepada seorang teman yang pernah mengalami gangguan daya ingat alias seorang pelupa, padahal umurnya sekitar 30 tahun.

Akibat kepalanya pernah terbentur pada benda keras– ditabrak mobil yang banyak mengeluarkan darah– serta mengalami stress kelas berat; akhirnya teman saya ini mengalami penyakit lupa hampir dua tahun. Dia hampir lupa segala-galanya. Pergi mandi, lupa membawa sabun mandi dan handuk. Atau sebaliknya lupa membawa pulang kedua benda itu selesai mandi. Kalau ia ke pasar/kios, sering lupa barang-barang yang hendak dibelinya. Bahkan, dalam pembicaraan yang berhadapan muka dengan orang lain, ia pun lupa pokok pembicaraan dengan teman bicaranya itu, sehingga terpaksa sering bertanya kepada kawan sepercakapannya.

Pada suatu hari seorang kenalan memberitahukannya supaya makan jahe atau minum air jahe (bahasa Aceh: halia) untuk obat penyakit lupanya. Setelah dilakukan sekitar dua bulan secara berkelanjutan, maka atas keizinan Allah SWT sembuhlah penyakit lupanya.

Ternyata, sang kawan yang memberitahukan obat lupa kepada teman saya; mengambil sumbernya dari Kitab Tajul Muluk (Tajol Mulok). Pada Kitab Tajol  Mulok cetakan Qahirah (Cairo – Mesir) tahun 1938, pembicaraan tentang jahe/halia sebagai obat lupa alias “menambah pengingat” disebutkan pada halaman 119.

dto

T.A. Sakti

Rabu, 2   April 1997.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s